Senin, 20 Juli 2015

Robot dengan kendali bluetooth L293D dan smartphone Android

Seiring meningkatnya penggunaan smartphone android pada hampir semua lapisan masyarakat baik tua muda bahkan juga anak - anak , tentulah kita menginginkan sesuatu yang out of the box , sesuatu yang lain dari biasanya dari fungsi smartphone yang sekedar untuk sms , chat , teleponan , internet dan main game.
Smartphone terbaru saat ini memiliki segudang fungsi yang nyaris setara dengan netbook . Didalamnya terdapat prosesor , berbagai sensor dan konektivitas yang banyak. Sebut saja koneksi Bluetooth , NFC , USB , WiFi , sensor gyro , accelerometer , kamera , dan infrared .
Kita bisa memanfaatkan fitur yang melimpah dari smartphone untuk melengkapi hobi robotik ini.
Kalau bisa menekan harga komponennya , mungkin bisa juga dijual sebagai mainan atau kit robot.
         Mungkin kita sudah tak asing lagi dengan mainan pelengkap iPhone dan Android yang sering tampil di berbagai situs gadget dan teknologi. Banyak juga yang telah berhasil membuatnya dan mengupload videonya di Youtube . Dan lebih banyak lagi tutorial tentang hal ini di blog dan website.
Tapi apa kita ngga penasaran untuk membuatnya sendiri ? dengan tantangan baru : biaya sekecil mungkin.
        Sulit dipungkiri jika harga komponen yg sebenarnya sudah murah itu masih terasa mahal di kantong.
Salahsatu cara menyiasatinya diantaranya dengan menyolder sendiri dan membeli komponen terpisah ketimbang modul jadi. Atau membeli komponen sekaligus pada satu penjual agar mendapat potongan harga maupun biaya kirim yang lebih murah.
         Proyek yang pertama adalah menggunakan :
1. Arduino ( jenis apa saja )
    Untuk  Arduino Uno , NanoV3 dan ProMini sama konfigurasinya.
2. IC DC motor driver L293D
3. HC-05 Bluetooth module
4. DC motor 2 buah
5. Peralatan penunjang misal kabel , PCB , baterai , chassis untuk robotnya dan smartphone Android yang telah diinstal aplikasi BT_Car yang bisa diunduh pada alamat email yg tercantum di bawah artikel ini.
Saya memilih menggunakan Arduino Nano V3 clone berikut shield dudukannya dan modul L293D
Pertimbangannya , saya tak perlu repot menyolder kabel dan kaki IC , bentuknya kecil dan bisa dibongkar lagi jika hendak dibuat proyek yang lain. Arduino Nano V3 bisa diprogram dengan program yang biasa dituliskan pada Arduino Uno tanpa harus merubah programnya. tinggal sesuaikan saja pin yang akan dihubungkan. Bedanya hanya dari bentuknya yang kecil. Karena kecil maka mudah ditempatkan diatas chassis robot maupun ke dalam bekas mainan yang akan dijadikan target.
Arduino yang sekarang ada dua jenis , satu yg menggunakan IC serial interface FTDI satu lagi menggunakan IC CH340 , jadi pastikan kita install dulu driver yang tepat ke PC.
Untuk yang pakai IC CH340 harga Arduinonya lebih murah dibanding yang FTDI.

Sumber : Tokoduino , Tokopedia















Diatas gambar Arduino Nano yang nangkring diatas dudukannya ( terminal adapter for Arduino Nano ).
atau biasa disebut Screw adapter for Nano.Bisa beli di Tokoduino di Tokopedia.com atau di Ebay.com.


















Yang diatas ini adalah gambar dua buah module HC-05
yang kiri tampak bagian bawahnya , yang kanan adalah penampakan bagian atasnya.
Kita hanya membutuhkan satu unit modul HC-05 , fungsinya sebagai pemancar sekaligus penerima sinyal Bluetooth. Ketika mengupload sketch ke dalam Arduino , pastikan lepaskan dulu sambungan Tx/Rx dari modul bluetooth ke Arduino.













Yang diatas ini contoh modul driver L293D dan dua DC motor yang terhubung padanya.Sebenarnya IC nya saja yang dipakai pun bisa , kita hanya perlu menyolderkan sendiri saja kaki kaki IC L293D dengan kedua terminal DC motor tersebut , sesuai skema rangkaian dibawah .Adapun transistor yang nampak pada modul diatas hanyalah IC 7805 yang dipakai untuk penyetabil tegangan masuk jika menggunakan power supply untuk DC motor yang terpisah dengan Arduino. Modul itu hanya mempermudah perakitannya , jadi tinggal bautkan kabel tanpa perlu menyolder. Terkadang solderan yang kurang baik menyebabkan proyeknya jadi gagal.
Bentuk modul driver L293D beragam , intinya kita lihat saja datasheet IC L293D karena semua modul tersebut tak pernah menyertakan manual cara penggunaannya .
Dibawah ini adalah rangkaian menggunakan breadboard dari situs www.learnhowtomakerobot.blogspot.com yang berjudul Make Robot in Less than 15 minutes , kunjungi situsnya untuk mendapatkan program Arduino dan aplikasi Android sebagai remote controlnya sebagai diulas diatas , Arduino Uno bisa diganti dengan Arduino Nano tanpa mengubah isi program dan hanya menyesuaikan ( menyamakan ) pin out yang terhubung seperti diagram di bawah :


















Dan diatas itu adalah tampilan aplikasi BT_Car yang telah diinstal di layar smartphone Android , sebagai pengendali robot yang akan kita buat menggunakan Arduino , modul Bluetooth dan IC L293D.
Seperti biasa diperlukan pairing Bluetooth dahulu , masukkan kode (1234 ) jika diminta , barulah aplikasi dan robotnya bisa terhubung. Jangan lupa aktifkan dulu mode Bluetooth di smartphonenya , karena aplikasi ini nampaknya tidak otomatis mengaktifkan fungsi Bluetooth.

14 komentar:

  1. artikel bagus gan, kunjungan baliknya di CARA PERTAMA MENGGUNAKAN ARDUINO UNO ARGA YUDHA
    atau langsung ke website
    http://www.argayudhaadhiprama.com/2016/03/21/cara-pertama-menggunakan-arduino-uno/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks kunjungannya Mas Argayudha Adhiprama , ...ayo silakan yang ingin belajar Arduino merapat ke websitenya Mas Arga

      Hapus
  2. Terima kasih gan, artikelnya sangat membantu, btw bisa minta skrip aplikasinya gan ?

    BalasHapus
  3. Ada di situs yang saya sebutkan di artikel diatas , karena coding berasal dari situs itu , saya tak bisa publish disini , perlu ketelitian membaca , apalagi menulis coding. Coba juga lihat di situs Random Nerd Tutorial.

    BalasHapus
  4. Terimakasih gan wawasanya... terus berkarya gan

    BalasHapus
  5. Soskod a, bagi bang - java8735sync@gmail.com, thx share & code a :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Source code dan apk silakan buka di situs randomnerd tutorial. Untuk robot kendali bluetooth yg lebih kompleks , ada arm dan penjepit, kamera , sensor dsb buka di halaman kumpulan robot arduino car with gripper

      Hapus
    2. Mas alamat emailnya mana ya?

      Hapus
  6. 1)5.8G Mini FPV Receiver UVC Video Downlink VR OTG Android

    2)Eachine TX03 NTSC Super Mini 0/25mW/50mW/200mW Switchable AIO 5.8G 72CH VTX 600TVL 1/3 Cmos FPV Camera
    3)smartphone
    4)bateray

    Apakah komponen ini sudah dapat terhubung atau adakah komponen lain yg diperlukan untuk mebuay pfv kamera, mohon bantuanya,
    Please makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sudah cukup mas , jgn lupa pasang antena 5.8Ghz di rx dan tx nya sebelum dihubungkan ke baterai ! Kalo lupa bisa rusak Tx cameranya...

      Hapus
  7. 1)5.8G Mini FPV Receiver UVC Video Downlink VR OTG Android

    2)Eachine TX03 NTSC Super Mini 0/25mW/50mW/200mW Switchable AIO 5.8G 72CH VTX 600TVL 1/3 Cmos FPV Camera
    3)smartphone
    4)bateray

    Apakah komponen ini sudah dapat terhubung atau adakah komponen lain yg diperlukan untuk mebuay pfv kamera, mohon bantuanya,
    Please makasih.

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Ada di link pada artikel diatas atau di youtube...search saja dgn kata kunci bluetooth control 2 motor dc

      Hapus